1. SO adalah:

  • sekumpulan progran kontrol atau alat pengendali yg secara terpadu bertindak sebagai penghubung antara komputer dengan pemakainya
  • Sebagai program pengendali, yaitu: program yg digunakan untuk mengontrol program yang lain-lain

Tujuan:

  • Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan nyaman untuk digunakan
  • Sistem operasi memungkinkan sumber daya sistem komputer untuk digunakan secara efisien
  • Sistem operasi harus disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengembangan yg efektif, pengujian, dan penerapan fungsi baru tanpa mengganggu layanan yang sudah ad.

2. Sudut pandang SO

  • Asepek Ukuran: Besar, Kecil
  • Aspek tujuan: Umum, Khusus. Umum dan khusus sistem operasi yang dibuat berlaku secara umum khusus, dibuat untuk bidang masing-masing
  • Aspek kegiatan: Majemuk, Tunggal, Jamak. Multi programming hanya satu orang, jamak dapat digunakan banyak orang.
  • Struktur sistem operasi.

3. Kelas SO

  • Kelas 1, pemakai tunggal
  • Kelas 2, operasi berbentuk tumpukan
  • Kelas 3, operasi olahan segera (realtime)
  • Kelas 4, operasi multi proses
  • Kelas 5 operasiberbagi waktu dan multi programming
  • Kelas 6, operasi tersebar

4. Pengaturan Sumber Daya dalam SO:

1) Pengaturan Memory

  • Mengawasi bagian-bagian memori, lokasinya, statusnya, besarnya, bila terpakai siapa pemakainya.
  • Menetapkan kebijaksanaan alokasi.
  • Memperbaharui informasi tentang status bagian memory.

2) Pengaturan Prosesor

  • Mengawasi status prosesor
  • Menarik kembali pemakaian prosesor bila sudah tidak dipergunakan.
  • Menyerahkan penggunaan prosesor dengan cara mengisi register-register yang perlu di
    isi.

3) Pengaturan Peralatan I/O

  • Mengawasi status peralatan I/O beserta kelengkapannya ( Channel)
  • Mengatur cara dan jadwal pemakaian peralatan I/O
  • Menyerahkan pemakaian peralatan I/O

4) Pengaturan Informasi (sistem file)

  • Menarik kembali dan menyimpan infomasi
  • Melepaskan atau memberikan informasi, umpamanya dengan cara membuka suatu file
    tertentu.
  • Menetapkan proses-proses yang boleh mendapatkan informasi tertentu.

5. Struktur Dasar SO

  1. Struktur sederhana: Tidak memiliki struktur yang cukup baik, berukuran kecil dan sederhana.
  2. Struktur Monolitik: Sistem operasi sebagai kumpulan prosedur dimana prosedur dapat saling dipanggil oleh
    prosedur lain di sistem bila diperlukan
  3. Sistem berlapis: Teknik ini dibuat dengan merancang sistem operasi berbentuk modular
  4. Virtual mesin: Mirip dengan pendekatan berlapis dengan tambahan berupa antar muka yang
    menghubungkan hardware dengan kernel untuk tiap-tiap proses
  5. Client server: Konsep sistem operasi diimplementasikan dengan menjadikan fungsi-fungsi yang ada pada
    SO di server menjadi User Process
  6. Sistem berorientasi objek

6 Skema Dasar Sistem Komputer baik hardware dan software?

7. Waktu akses disk pada hardisk

  • Waktu cari, waktu untuk mencapai lintas atau slinder yang dikehendaki
  • Waktu mantap, waktu untuk hulu tulis baca menjadi mantap di lintas atau slinder
  • Waktu latensi, waktu untuk mencapai hulu tulis baca
  • Waktu salur, waktu untuk menulis atau membaca isi sektor
  • Serta gabungan waktu yaitu waktu inkuiri dan waktu pemutakhiran atau pergantian

8. Contoh algoritma pengaksesan disk

  1. Algoritma pertama tiba pertama dilayani (PTPD)
  2. Algoritma PICK UP
  3. Algoritma waktu cari terpendek dipertamakan (WCTD)
  4. Algoritma Look
  5. Algoritma circular look
  6. Algoritma scan
  7. Algoritma circular scan

9. Proses didalam SO